SELAMAT BERBELANJA DI AGEN SEMBAKO MURAH

Selasa, 16 Agustus 2016

JAMUR MERANG BUATAN DARI CIBUAYA


CIBUAYA,RAKA- Permintaan pasar akan berbagai jenis sayuran jelang Idul Fitri kian meningkat. Salah satunya adalah jenis sayuran jamur merang. Petani jamur merang asal Desa Kalidungjaya, Kecamatan Cibuaya, pun bahagia sebab komoditas mereka mampu menembus berbagi pasar yang ada di daerah Karawang maupun luar Karawang, harga jual jamur merang pun kompetitif dan bervariatif. Penjualannya bisa sampai ke Jakarta, Pondok Gede, dan Bekasi.
Petani menjual jamur merangnya melalui pengepul yang sudah menjadi langganan. Umumnya petani menjual dengan harga Rp 17 ribu per kilogramnya. Selanjutnya, pengepul juga menjual jamur merang ke pasaran dengan harga Rp 18 ribu per kilogramnya. Menurut petani jamur merang Kalidungjaya, Carbon, mengatakan bahwa jelang hari raya memang kebutuhan akan jamur kian menggeliat. Kendati meningkat, namun belum ada kenaikan harga yang signifikan. “Harga jamur tidak mengalami kenikan harga, sekalipun ada kenaikan paling sedikit–sedikit naiknya, tapi harga dari petani tetap stabil,“ ungkapnya.
Petani jamur merang pun berharap adanya dukungan dari pihak terkait untuk membantu permodalan guna pengembangan usaha para petani di desa tersebut. “Kami sih pengen pemerintah menyediakan fasilitas bantuan permodalan supaya usaha ini makin maju. Terus terang kendala kami selama ini cuma satu, yakni modal,” papar Carbon.

Petani jamur merang ini menjual jamurnya dengan dua jenis yakni jenis super (besar) dan jenis bees atau jamur yang ukuranya kecil. Harga jual keduanya dipasaran sama saja hanya saja pangsa pasarannya yang berbeda. Khusus ukuran yang kecil, mereka menjualnya ke Pasar Rengsdengklok sedangkan tipe jamur super mereka jual ke luar Karawang. Untuk memanen jamur merang ini pun perlu beberapa tahap. Yakni 10 hari pertama menggunakan kompos, 10 hari kedua melakukan tahap jelang panen, sampai 20 hari berikutnya jamur sudah bisa di panen dan disortir untuk mementukan dua type jamur merang, sehingga bisa terlihat kualitas jamur untuk dijual kepasaran. (fah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar