SELAMAT BERBELANJA DI AGEN SEMBAKO MURAH

Sabtu, 20 Agustus 2016

CARA MEMASAK KACANG HIJAU


Siapa yang tidak menyukai kacang hijau? Hampir semua orang menyukai jenis makanan yang berbahan dasar kacang hijau. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau. Namun tidak sedikit kacang hijau diolah menjadi jenis kue-kue dan puding. Terkadang kacang hijau diambil sarinya dan dijadikan minuman segar dan bergizi. Kacang hijau menjadi lebih istimewa karena dapat dibuat menjadi tepung kacang hijau yang biasanya disebut dengan tepung hunkwe. Tepung ini biasa dibuat menjadi aneka kue, puding, jenis es krim tradisional dan mie soun.
Kacang hjau adalah salah satu makanan yang memiliki sumber protein nabati yang tinggi. Nilai proteinnya menjadi lebih tinggi jika kacang hijau diolah terlebih dahulu. Di samping itu, ketika diolah dalam bentuk makanan lain akan ada tambahan beberapa bahan makanan lainnya yang mengandung nilai gizi berbeda sehingga dapat nilai gizi yang diperoleh saat makan bervariasi dan mencukupi kebutuhan gizi. Sebagai contoh bubur kacang hijau, sari kacang hijau, puding kacang hijau, bakpia, onde-onde, keripik kacang hijau dsb.Kacang hijau juga memiliki nilai serat yang lumayan tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan Anda. Manfaat lain dari kacang hijau adalah sebagai antioksidan dan meningkatkan nilai penyerapan zat gizi. Kandungan vitamin dan mineralnya membuat kacang hijau dapat meningkatkan nilai penyerapan zat gizi.

Terkadang hasil pemasakan kacang hijau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena adanya kesalahan dalam proses pemasakannya. Kemudian beberapa proses pemasakan kacang hijau menghilangkan zat gizinya terutama vitamin dan mineral. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda memasak kacang hijau:

Kacang hijau memerlukan waktu yang lama untuk menjadi lunak sehingga waktu merebusnya pun lama. Sebelum kacang hijau direbus, sebaiknya direndam terlebih dahulu agar kacang hijau lebih cepat saat direbus. Merendam kacang hijau dapat dilakukan dengan air suhu ruang, dan air hangat. Untuk waktu merendam kurang lebih dibutuhkan selama 6-8 jam  jika menggunakan air suhu ruang. Namun jika merendam menggunakan air hangat, waktu yang dibutuhkan lebih singkat hanya sekitar 2-3 jam.
Merebus kacang hijau dapat dilakukan dua kali. Saat merebus kacang hijau yang pertama kali, air rebusan kacang hijau tersebut yang dinamakan dengan sari kacang hijau. Sari kacang hijau memiliki nilai gizi yang tinggi. Selanjutnya kacang hijau direbus dan dapat ditambahkan dengan santan atau susu jika Anda ingin membuat bubur kacang hijau. Masak dengan api yang kecil.
Memilih kacang hijau yang baik dan berkualitas yakni dengan cara merendam kacang hijau. Kacang hijau yang mengapung saat direndam memiliki kualitas yang tidak terlalu baik. Sebaiknya kacang hijau yang mengapung saat direndam dibuang atau dipisahkan dari kacang hijau yang tenggelam.
Cara memasak kacang hijau yang menyehatkan adalah dengan cara tidak menambahkan santan saat pemasakan. Jika Anda ingin menambahkan santan, pilihlah santan yang encer. Pengolahan kacang hijau menjadi keripik adalah salah satu inovasi pengolahan namun tidak dianjurkan untuk seseorang yang memiliki kelebihan berat badan sebab keripik akan menyumbangkan nilai lemak terlebih penggunaan minyak yang telah dipakai berkali-kali.
Untuk memberi aroma pada kacang hijau saat merebus dapat ditambahkan daun pandan.

Jika Anda menyukai jahe, ketika memasak kacang hijau, dapat ditambahkan pula jahe sebab jahe mengeluarkan aroma sedap dan dapat menghangatkan badan. Sebagai contoh sari kacang hijau jahe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar