SELAMAT BERBELANJA DI AGEN SEMBAKO MURAH

Sabtu, 03 September 2016

HARGA HEWAN QURBAN NAIK 30 PERSEN


PURWAKARTA, Jika dibandingkan dengan hari biasa, harga kambing menjelang Idul Adha tahun ini mulai mengalami kenaikan hingga 30 persen. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang membeli. Dalam sehari bisa terjual tiga hingga lima ekor kambing. Hal ini dikatakan pedagang kambing musiman, Aris Nunggara (38), Kamis (1/9) di stand kambing di Kampung Legok Barong, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes.
"Kalau dibandingkan dengan lebaran haji tahun lalu juga harganya lebih mahal sekarang," katanya.
Aris menyediakan kambing yang siap dikurbankan, yakni hewan yang usia minimal dua tahun. Ia tidak sembarangan untuk menjual kambing. "Karena saya menjual hewan kurban, oleh karena itu syarat yang ditentukan harus terpenuhi," terangnya.
Untuk harga, lanjut Aris, berkisar dari Rp2,2 - Rp3,2 juta, penjualan kambing biasanya kian ramai saat H-3 jelang Idul Adha hingga sehari jelang hari H. Jika tiga hari menjelang Idul Adha warga langsung memberikan ke masjid. "Biasa pembeli akan ramai sekitar tiga hari menjelang Idul Adha," ujarnya.
Menurutnya, setiap tahun menjelang Idul Adha penjualan semakin menurun, karena semakin banyaknya pedagang hewan kurban dadakan. "Namun untuk tahun ini, saya optimis penjualan akan meningkat, mudah-mudahan bisa mencapai 7 ekor perhari atau bisa terjual 70 ekor sampai hari lebaran nanti," ujarnya.
Setiap tahun menjelang Idul Adha, Aris selalu membuka stand penjualan kambing di sekitar tempat tinggalnya, "Kambing ini berasal dari penduduk setempat, sebelumnya akan keliling mencari dari kampung ke kampung di sekitar Purwakarta," jelasnya.

Lebih jauh, Aris menambahkan, agar masyarakat tidak kecewa dengan kambing jualannya, maka sebelum kambing tersebut didagangkan, harus diseleksi terlebih dahulu. "Pokoknya kalau tidak sehat, dan tidak memenuhi ketentuan syariat Islam, saya tidak menjualnya," pungkasnya. (gan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar